Manfaat Makan Petai Untuk Pengobatan Yang Harus Di Ketahui

Khasiat Petai –  Tentu kita sudah tidak asing lagi akan buah petai ini, makanan yang menjadi penyebab utama bau yang kurang sedap, walaupun bukan bau mulut yang kurang sedap namun petai sendiri banyak di sukai karena beberapa hal, petai sediri sering di konsumsi sebagai lalapan atau pendamping makanan utama, dengan mengkonsumsi petai sambil makan nasi sebagian orang beranggapan akan lebih meningkatkan nafsu makan, dan rasa masakan akan lebih enak.

Namun apakah kita tahu menurut medisnya petai sendiri memang memiliki manfaat yang sangat banyak yang jarang di ketahui oleh setiap orang, petai atau nama lainnya adalah parkia speciosa adalah jenis tanaman yang banyak sekali di temukan di dataran tropis seperti Malaysia, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Seperti yang kita jelaskan sebelumnya selain membuat makanan lebih lezat ketika mengkonsumsi buah petai kandungan kesehatan yang di timbulkan oleh petai sendiri berbagai macam, seperti bisa mengatasi penyakit diabetes dan infeksi saluran kimia.

Sumber : klikdokter.com


Penelitian di luar negri telah menyimpulkan bahwa buah petai memiliki kandungan yang sangat baik untuk kesehatan, pada khasiat pete memiliki manfaat sebagai berikut :


1. Antioksidan

Pada buah petai sendiri terdapat kandungan kadar antioksidan Fenolic acid . Kandungan ini di perlukan sebagai melawan radikal bebas, artinya dalam kandungan buah petai sendiri sangat berkhasiat sebagai mencegah darah tinggi, diabetes, kangker, dan tukak lambung.

2. Antibakteri

Pada kandungan buah petai juga bisa di jadikan obat sebagai penghambat pertumbuhan bakteri gram negative, seperti halnya  E coli, bakteri ini sering sekali menyerang dan menyebabkan infeksi yang terjadi pada kandungan kemih khususnya pada wanita dan H Pylori yang bisa menyebabkan tukak lambung.

3. Antidiabetik

Pada buah petai sendiri telah di lakukan uji percobaan pada tikus, yaitu dengan mengambil extrak biji petai yang di berikan pada tikus percobaan tersebut dan hasilnya biji petai bisa menurunkan kadar gula darah 2 jam setelah makan. Dan hasil ini bisa bertahan hingga 2 jam.

4. Antikangker

Petai percobaan dengan menggunakan tikus percobaan bahwa peneliti telah menyimpulkan extrak methanol dari biji petai sendiri bisa menghambat proses Angiogenesis atau proses pembentukan pembuluh darah baru, proses ini yang menyebabkan kangker hingga 50 %
Di samping 4 khasiat petai di atas buah petai juga masih memiliki khasiat yang begitu banyak seperti asam amino, vitamin dan mineral. Nutrisi –nutrisi tersebut sangat di butuhkan untuk kekebalan tubuh seseorang dari gangguan penyakit.

Namun makan buah petai juga memiliki efek samping bila di konsumsi dalam jumlah banyak karena bisa menyebabkan  memperberat fungsi ginjal, karena petai sendiri memiliki kandungan tinggi protein.


Petai juga sangat tidak di anjurkan untuk di konsumsi bagi seseorang yang sudah memiliki gangguan fungsi ginjal. Nah untuk sekarang jangan ragu untuk memakan petai namun perlu di ingat makanlah secukupnya jangan terlalu berlebihan.

RELATED POST

Loading...
Manfaat Makan Petai Untuk Pengobatan Yang Harus Di Ketahui
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email