Khasiat Dan Manfaat Tomat Yang Tersembunyi

Tomat adalah salah satu jenis sayuran buah  yang banyak manfaatnya. Warna cerah yang sangat menarik. Dalam tomat terdapat kandungan vitamin C dan A yang memiliki khasiat bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Khasiat Dan Manfaat Tomat Yang Tersembunyi
Khasiat Tomat


Jika ditelusuri dari sejarahnya, tomat awalnya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. Di daerah negara Prancis, tomat biasa disebut juga 'apple of love' atau pomme d'amour. Dan di sebut juga  sebagai apel cinta, karena tomat dipercaya mampu menyembuhkan impotensi dan meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan gairah sex..

Tomat juga banyak digunakan untuk hidangan, seperti sup, jus, pasta, dll. Itu agak asam dan malah membuat nafsu makan Anda meningkat.

Dalam sebuah penelitian yang di lakukan oleh DR. John Cook Bennett dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada bulan November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat menyembuhkan diare, menyerang empedu, gangguan pencernaan dan mengembalikan tuas fungsi. Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat yang lain. Menurutnya, gel kuning yang mengelilingi biji tomat bisa mencegah penggumpalan darah dan pembekuan darah sehingga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Tomat merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibanding tomat hijau. Semakin matang tomat, kandungan vitaminnya semakin kaya.
Tomat Hancurkan Radikal Bebas

Tomat memiliki Vitamin C - ada antioksidan yang berguna untuk membantu menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh.

Dalam pigmen merah di tomat, yang lain memiliki nilai lebih. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, zat antioksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh Anda akibat  merokok, polusi dan sinar ultraviolet. Selain itu, lycopene yang kemudian dikenal juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan kanker serviks, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. Pada pigmen merah pada tomat, yang lain memiliki nilai lebih.


Tomat segar yang berbeda dengan sayuran lainnya, yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan makanan atau dihancurkan sebelum makan. Para peneliti menemukan bahwa lycopene pada tomat dikeluarkan lebih dari satu tomat yang dimakan langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Sayangnya, meski kandungan lycopennya melimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran dicampur dengan banyak bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. Fakta material tambahan ini merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.

RELATED POST

Loading...
Khasiat Dan Manfaat Tomat Yang Tersembunyi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email